Saturday, May 7, 2011

Mentawai Trip Part I - Departure Tanjung Priok

Hari sudah beranjak siang, ketika kami berkumpul di Kantor Kementrian Perhubungan, Gambir. Antara deg-degan dan exciting... Ya ini menjadi pengalaman pertama saya melintasi samudra Hindia dengan menggunakan kapal laut ke daerah Sumatra. Biasanya perjalanan menggunakan kapal laut hanya berhenti di ujung Sumatra, selama 3 jam perjalanan. Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Teluk Bayur, Padang memerlukan 48 jam, dan disambung dengan perjalanan ke Mentawai selama 10 jam. Ditambah 2 hari kegiatan di Padang dan Mentawai, total 7 hari perjalanan.

Setelah anggota lengkap dikumpulkan, dengan menggunakan bus kami berangkat menuju pelabuhan Tanjung Priok. Sebelum kapal berangkat kami akan dilepas oleh Bapak Freddy Numberi sebagai Mentri Perhubungan. Oh ya acara ini adalah acara peduli kasih dengan tajuk Mentawai Tersenyum yang diprakarsai oleh Kementrian Perhubungan, SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) dengan Nasi Putih Production. Bekerja sama dengan Majalah Intisari, Flona, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, STPI Curug, dokter-dokter UKI, Yayasan Ceria Anak Bangsa dan Yayasan Cahaya Citra Bangsa. Kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan pemanfaatan hasil bumi, pelatihan kepemimpinan dan guru, pengobatan gratis, program anak usia sekolah dan panggung hiburan bagi masyarakat Mentawai periode pasca tsunami 2010 yang lalu. Acara seremonial diadakan di Teluk Bayur Padang, sementara acara puncak dipusatkan di Sikakap.

Pukul 17:00 kapal siap diberangkatkan. Saya berdiri di dekat tangga keluar yang pelan-pelan diangkat dan dilepaskan dari buritan. Sebagian tim yang belum berangkat turut mengantar dan melambaikan tangan melepas keberangkatan. KM Lawit buang sauh....



And The Journey Begin....

No comments: