Saturday, March 19, 2011

It Takes Two to Tango

Seorang teman ngetag notes ke saya siang tadi. Satu hal yang menarik dari tulisan tersebut adalah cerita tentang belajar dansa.

Ada berbagai macam jenis dansa yang saya ketahui: waltz, cha cha, tango, jive, twist, dan foxtrot. Saya pernah diajarkan beberapa gerakan dasar waltz, jive dan cha cha dari orang tua saya. Seru dan menarik, karena untuk setiap jenis memiliki cara tersendiri untuk melangkah. Yang penting bagi saya, dengarkan irama musiknya, melangkah dan bergoyang.

Dalam tulisan tersebut dikisahkan sepasang suami istri yang ingin belajar berdansa dan mendatangi seorang guru untuk berlatih. Pertanyaan pertama yang diajuka oleh guru tersebut adalah: siapa yang akan memimpin?

Ya, untuk menarikan tarian ini, hanya ada 1 orang yang memimpin sementara yang lainnya menjadi pengikut.
Tentu saja sang pria menjadi pemimpin dan wanita menjadi pengikut. Sang wanita harus membiarkan sang pria membawa dia kemanapun langkahnya pergi di lantai dansa. Bayangkan kalau ada dua orang yang mengatur, jatuh atau terinjak bisa terjadi.

Melanjutkan kisah yang saya baca tadi, sang istri pada awalnya kesulitan untuk menerima bahwa ia harus mengikuti kemana langkah suaminya, akan tetapi ia harus tetap mengakui bahwa sang suami adalah pemimpinnya, dan membiarkan ia memimpin.

Realitas hidup mengizinkan saya semakin menyadari bahwa saya tidak dapat berjalan sendiri mengarungi kehidupan. Saya memerlukan orang lain di sekeliling saya. Tetapi yang paling penting adalah saya harus melibatkan Sang Pencipta dalam kehidupan saya. Tidak semudah membalikan telapak tangan untuk bisa membiarkanNya memimpin. Banyak pertanyaan dalam hati, bahkan menjadi misteri. Supaya tidak tersandung atau terjatuh, ya itu tadi, saya harus membiarkan Ia memimpin saya, membawa saya mengalir dan melangkah, tanpa protes, ya sekali lagi, tanpa protes.
Sama seperti berdansa.
Melangkah mengikuti irama membiarkan Ia membawa saya di arena dansa kehidupan.

PS: thanks to Mas Arie Saptadji buat tagnya : "Your Spiritual Growth Plan"
Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network

1 comment:

andry said...

yes
everyone need everyone else in this life to live through happyness or sadness,just like tango
inspired subject
keep writing intresting subjet to inspire everyone
hehehehehehehe