Sunday, August 16, 2009

Setiabudi Huhu Hahah


Siang yang terik mengarahkan saya ke daerah Setiabudi, SMA 3 Jakarta. Mengejar makan siang di Mbah Jingkrak, resto makanan Jawa yang berbeda dari biasanya. Umumnya makanan Jawa yang saya kenal rata-rata manis, tetapi kali ini Mbah Jingkrak menawarkan sesuatu yang berbeda. Mungkin seperti namanya, makanan yang disajikan bisa membuat kita akan berjingkrak-jingkrak.

Di desain bergaya old style, dengan benda-benda tua seperti radio, sepeda dan foto-foto tua, tempat ini semakin unik dengan berbagai macam botol kecap dari seluruh Indonesia yang disusun di satu meja panjang. Tersedia ruangan ber AC dan tidak ber AC. Untuk lokasi yang tidak ber AC bisa memilih untuk lesehan, atau duduk menggunakan kursi. Halaman belakang yang terbuka memberikan pemandangan tersendiri yaitu kolam ikan dan serta jembatan kayu.
Pelayanan yang melayani menggunakan pakaian khas Jawa, jarit dan blangkon.

Makanan dapat dilihat langsung dan dipilih. Seorang pelayan akan membantu mencatat makanan dan mengantarkannya ke meja. Sebelum memilih disediakan welcome drink yaitu gula asem dan beras kencur.
Menu pilihan saya siang ini: Tempe Mendoan, Kering Bihun, Baby Kailan dan Ikan Tenggiri yang diberi kuah bening (lupa namanya, euy...)
Untuk minuman, dapat dilihat pada menu yang diletakan di meja. Penamaan minuman-minuman tersebut cukup unik, misalnya Es Buaya Darat untuk es Lidah Buaya, lemon dan selasih.
Makanan disajkan di piring dan mangkok, sementara piring makan menggunakan piring rotan beralas daun pisang. Hemat dan praktis dalam penyajian. Sementara untuk es disajikan dalam gelas berukuran cukup besar.

Dompet Keluar
Tempe mendoan Rp 2500
Kering bihun Rp 7500
Ikan Rp 17.500
Kailan Rp 12.000
Es Buaya Darat Rp 10.000

Little Tips
Siap-siap banyak minum, karena makanan rata-rata mengandung cabai yang berlebih alias ekstra pedas. Buat yang bermasalah dengan lambung, bisa memilih makanan yang tidak pedas seperti tempe bacem, sayur lodeh, dll
Sebaiknya datang sekitar pk 11:00 karena lewat jam 12, antrian panjang
Pssstttt, kerupuk yang disajikan di atas meja itu free compliment. lhoooo

How to get there
Dari arah Sudirman, turun di Setiabudi sambung ojek
Dari arah Kuningan, turun di Wisma Bakri sambung ojek juga

No comments: